PEMANFAATAN METODE INQUIRY UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA TINGKAT SD/MI

METODE INQUIRY UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA

  • Titin Erviana Ayu Neni

Abstract

Pada saat bangsa Indonesia menghadapi setumpuk permasalahan yang disebabkan oleh berbagai krisis yang melanda, maka tantangan dalam menghadapi era globalisasi yang bercirikan keterbukaan dan persaingan bebas kian mendesak. Dalam jangka waktu yang relatif mendesak, Indonesia harus mampu mempersiapkan sumber daya manusia yang profesional, tangguh, dan siap pakai. Dalam mencetak generasi yang unggul peran guru sangat dibutuhkan. Seorang guru dituntut untuk terus meningkatkan kemampuan dan profesionalitasnya agar bisa melaksanakan proses belajar mengajar yang efektif dan efisien yang bisa mengantarkan siswa mencapai prestasi belajar yang maksimal. Di semua jenjang pendidikan, baik di tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah(MTs) dan Madrasah Aliyah(MA) pelajaran yang mempunyai jam  lebih  banyak dibandingkan dengan pelajaran lainnya adalah Matematika. Tetapi dalam kenyataannya siswa menganggap pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit, membosankan dan menakutkan. Makakonsepdasarmatematika yang benarharusdiajarkankepadasiswasecaratepatdankuat. Selainitumetode inquiry jugadapatdigunakanolehpendidikdalammengajarmatematika agar proses pembelajarandapatberhasil.

Published
2020-04-27
Section
Articles